Real Video Transformer

Science & technology : Prasasti kuno Mesir benteng militer

Sunday, July 6, 2008 ·

Science & technology :
Prasasti kuno Mesir yang ditemukan di Tharu, benteng militer di utara Sinai
URL : http://scienctechnology-sg.blogspot.com/

Markas tentara Firaun, tepatnya tentara penjaga perbatasan timur laut mesir telah di temukan. Ynag di ketahui lebih selama 1.500 tahun.
Ini di temukan oleh para arkeolog mesir.
Tharu, itulah nama kota kecil berbenteng yang diyakini sebagai markas tentara kuno Firaun. Lokasi "tharu" berada di semenanjung Sinai, 3 KM di Timur laut kota Qantara, papar "MOhamed Abdel Maksoud" seorang arkeolog mesir.
Benteng itu menghubungkan lembah Nil dengan Levant, yang dimana saat itu masih di bawah kekuasaan Mesir.

penelitian ini dilakukan sejak 1986. Berhubung di temukannya prasasti inilah , sebagai acuan titik terang dari penelitian lokasi tersebut. Prasasti itu menyebut tiga Firaun - Tuthmosis II, yang berkuasa sekitar 1512 sebelum Masehi sekaligus pembangun instalasi militer sepanjang rute itu, Seti I dan Ramses II, yang memerintah Mesir tahun 1318 hingga 1237 sebelum Masehi.
Benteng tanah lempung

Markas tentara itu berisi reruntuhan tembok benteng yang terbuat dari batu lempung, berasal dari masa Ramses II seluas 500 meter kali 250 meter, dengan menara-menara setinggi empat meter.

"Penelitian awal terhadap situs itu menunjukkan bahwa benteng ini merupakan markas tentara Mesir dari masa Kerajaan Baru hingga masa Ptolemaic," kata Maksoud. Jaman Kerajaan Baru dimulai sekitar tahun 1570 sebelum Masehi dan periode Ptolemaic berakhir dengan kematian Cleopatra pada abad pertama sebelum Masehi.

"Bentuk-bentuk arkeologis benteng ini sesuai dengan tulisan di prasasti kuil kuno Mesir yang memperlihatkan bentuk kota Tharu, yang berada di permulaan jalur militer Horus," tambahnya.

Tulisan prasasti juga menyebut kuil Kerajaan Baru di utara sinai dan gudang di mana tentara Mesir kuno menyimpan makanan, senjata, tungku, cap, serta guci-guci tanah.

sumber : bluefame.com

0 comments:

Apple Evolution - Visual History of Apple Products, from the Apple IIe, iMac to the iPhone

Meteor

Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer. Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet Venus, dapat disebut sebagai bolide.

Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang dihasilkan disebut meteorit. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater.